Danau Kasai Kebo, Keindahan Yang Tersembunyi

Danau Kasai Kebo, Keindahan Yang Tersembunyi

DANAU KASSI KEBO, KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI

 

Wisata alam nan alami merupakan destinasi impian ketika liburan tiba. Keindahan alam dipadu dengan suasana sejuk alami akan menjadi obat untuk mengatasi stres atau sekedar menghilangkan kejenuhan pikiran. Sulawesi Selatan memiliki destinasi seperti ini, apalagi kalau bukan Danau Kassi Kebo. Danau Kassi Kebo menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indah, dengan gradasi warna biru pada airnya dengan tepian pasir putih, ditambah hijaunya pepohonan, dijamin akan memanjakan mata siapa pun yang melihatnya.

Danau Kassi Kebo terletak di dalam Kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Maros, Sulawesi Selatan. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 43.750 hektare, dan Danau Kassi Kebo merupakan salah satu daya tarik wisata alam yang dimiliki oleh Bantimurung. Danau Kassi Kebo terletak sekitar 800 Meter dari lokasi air terjun Taman Nasional Bantimurung. Untuk menuju ke Danau Kassi Kebo, pengunung hanya bisa menempuhnya dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dan beberapa anak tangga. Pepohonan rindang nan hijau, serta nuansa alami dan sejuk akan menemani perjalanan anda menuju ke lokasi Danau Kassi Kebo. 

Selain pepohonan hijau yang menemani anda menuju lokasi Danau Kassi Kebo, anda juga akan melewati sebuah makam, makam tersebut merupakan Makam Raja Toakala, yang konon merupakan Raja Kera. Di sepanjang jalan menuju danau, pengunjung juga akan melihat banyak papan peringatan untuk tidak mandi ataupun berenang di Danau Kassi Kebo. Hal tersebut dikarenakan pusaran air di danau sangat berbahaya, tentu semua pengunjung wajib mengindahkan larangan tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi anda yang mengunungi Danau Kassi Kebo pada pagi hari, anda akan mendapatkan bonus yakni melihat secara langsung ribuan kupu-kupu yang beterbangan di sekeliling danau. Bagi anda yang tertarik menikmati sambutan kupu-kupu di Kassi Kebo, anda dapat datang pada pukul 08.00-11.00 waktu setempat. Terlebih apabila cuaca cerah, akan banyak kupu-kupu berkumpul di pasir putih tepian danau.

Fasilitas yang disediakan lumayan lengkap, terdapat area parkir, kamar mandi, mushola, warung, toko oleh-oleh, bahkan penginapan juga tersedia di kawasan Bantimurung ini. Segera agendakan liburan ke Taman Nasional Bantimurung khususnya di Danau Kassi Kebo, akan sangat disayangkan apabila Anda berada di Maros, Sulawesi Selatan, tanpa mengunjungi wisata alam yang satu ini. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *