Hutan Batu Karst Rammang – Rammang

Hutan Batu Karst Rammang – Rammang

Hutan Batu Karst Rammang – Rammang

PESONA HUTAN BATU KARST RAMMANG-RAMMANG

Apakah anda ingin menikmati suasana liburan yang anti mainstream dengan pesona keindahan alam? Hutan Batu Karst Rammang-Rammang dapat Anda jadikan pilihan. Hutan Batu Rammang-Rammang merupakan wisata geologi berupa hutan batu kapur (karst). 

Bentangan pegunungan karst, keanekaragaman hayati dan peninggalan prasejarah yang berada di kawasan Rammang-Rammang yang berpadu, pastinya akan memberikan kesan berbeda pada liburan Anda. Hutan Batu Karst Rammang-Rammang merupakan karst terbesar kedua di dunia, anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati keindahan bebatuan karst yang seolah mengapung di atas sungai dengan gugusannya yang menjulang. Rammang-Rammang wajib masuk bucket list destinasi liburan Anda ketika berada di Sulawesi Selatan.

Lokasi Hutan Batu Karst Rammang-Rammang

Hutan Batu Karst Rammang-Rammang berlokasi di Rammang-Rammang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Hutan Batu Karst yang berusia sekitar 56-16 juta tahun inioleh UNESCO ditetapkan sebagai National Geopark. Rammang-Rammang sendiri memiliki arti awan atau kabut, konon diberi nama demikian karena setiap pagi hari atau ketika hujan, di daerah ini akan dituruni kabut.

Jika dari Makassar, dibutuhkan waktu 1 – 1,5 jam, dengan jarak tempuh kurang lebih 45 km untuk menuju lokasi Hutan Batu Karst. Sedangkan jika dari Bandara Suktan Hasanuddin, jarak yang dan waktu tempuh semakin singkat, sekitar 33 km dengan waktu sekitar 1 jam. Akses untuk menuju lokasi ini sangat mudah, selepas jalan poros menuju Bontoa, Anda akan di hadapkan dengan hamparan bukit batu karst dengan hijaunya persawahan di sepanjang sisi jalan.

Pengalaman Liburan yang Berbeda dari Biasanya

Hutan Batu Kars Rammang-Rammang memiliki luas sekitar 20.000 hektare. Karst di Rammang-Rammang memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk lancip yang menyerupai ujung menara dengan tinggi sekitar 100 meter, sehingga disebut dengan tower karst. Gradasi warna batu yang dihasilkan menghasilkan pemandangan yang luar biasa indah. Dengan warna asli putih, batuan karst yang berumur mengandung karbon ini berubah menjadi abu kehitaman dan abu, namun ada pula yang putih.

Tidak heran apabila Hutan Batu Rammang-Rammang menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati wisatawan lokal hingga mancanegara. Aktivitas penelitian arkeolog dan geolog juga aktif dilakukan di sini. Keindahan Sunset langit Sulawesi dapat Anda nikmati ketika langit sudah mulai menunjukkan warna jingganya, serta ribuan kalong yang turut menyemarakkan suasana, keluar dari sarangnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *