PEGUNUNGAN KARST RAMMANG-RAMMANG

PEGUNUNGAN KARST RAMMANG-RAMMANG

PEGUNUNGAN KARST RAMMANG-RAMMANG

PEGUNUNGAN KARST RAMMANG-RAMMANG

Rammang-Rammang Maros Makassar berada di gugusan pegunungan kapur (karst) Maros – Pangkep, tepatnya berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabuapten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 40 km arah utara Kota Makassar dan bisa ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan bermotor, dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan, Anda akan sampai di Bukit Karst Rammang-Rammang.
Ramang-ramang Makassar, merupakan pegunungan kapur (karst) terluas dan terbesar ke-dua di Dunia setelah Pegunungan Karst Guilin di China. Pada tahun 2017 lalu pula, kawasan karst ini telah menjadi National Geopark, dan saat ini sedang diajukan kepada UNESCO untuk menjadi UNESCO Geopark Global atau International Geopark.


Dibalik perjalanannya menjadi destinasi wisata, yang saat ini mendatangkan puluhan ribu wisatawan setiap tahunnya. Wisata Ramang Ramang Makassar, dahulunya sempat ditawar untuk ditambang oleh perusahaan marmer dengan iming-iming warga sekitar akan dipekerjakan di perusahaan tersebut, namun masyarakat tetap tidak gentar menolak. Sekitar tahun 2007 silam, kawasan karst yang dilelang ialah sebesar 40 hektare untuk dieksplorasi oleh 3 perusahaan kaliber besar dari Cina. Setelah bersatunya masyarakat menolak dan bahkan selama 6 tahun berjuang melawan perusahaan tambang, warga berhasil menyelamatkan kawasan ini menjadikannya sebagai tempat wisata.

Pemberian nama Rammang-Rammang berasal dari Bahasa Makassar yang berarti awan atau kabut. Pemberian nama ini karena kondisi Rammang-Rammang yang selalu berkabut, terutama di pagi hari dan ketika hujan.

Tidak hanya pegunungan karst, Rammang-Rammnag juga menyajikan banyak tempat menarik yang harus dikunjungi, antara lain: Hutan Batu Kapur, Telaga Bidadari, Goa Telapak Tangan, Goa Bulu Karaka, Kampung Berua, Sungai Pute yang menjadi jalur untuk mengantarkan pengunjung ke puncak dengan menggunakan perahu.

Rammang-Rammang Eco Lodge menjadi fasilitas penunjang bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di Rammang-Rammang, penginapan yang dilengkapi dengan kafe serta view pegunungan karst, akan membuat wisatawan betah berada di sini.
Bagi masyarakat yang belum pernah berkunjung ke sini, mungkin menganggap Rammang-Rammang hanya pegunungan karst yang gersang, tandus dan tidak menarik. Padahal kenyataannya surge tersembunyi ini bisa disejajarkan dengan Guilin di China serta Ha Long Bay di Vietnam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *