Taman Prasejarah Leang – Leang

Taman Prasejarah Leang – Leang

Taman Prasejarah Leang – Leang

MENELUSURI JEJAK WAKTU DI TAMAN PRASEJARAH LEANG-LEANG

Berlibur menjadi salah satu cara untuk merefresh diri dari rutinitas ibukota, untuk itu berlibur di alam terbuka pastinya akan membuat Anda lebih santai. Salah satunya berlibur di destinasi wisata Taman Prasejarah Leang-Leang. Leang-Leang merupakan destinasi wisata sejarah arkeologis. Leang dalam bahasa lokal Sulawesi Selatan berarti goa. Seperti namanya, di kawasan ini terdapat banyak sekali goa, setidaknya terdapat 286 goa, termasuk 30 goa dengan jejak prasejarah.

Terdapat goa yang paling terkenal karena keunikannya, yakni Goa Pettae dan Goa Petta Kere. Di dinding dan atap goa terdapat lukisan prasejarah yang menceritakan banyak kisah kehidupan sosial, aktivitas sehari-hari, sistem kepercayaan yang dianut saat itu. Lukisan tersebut ditemukan oleh dua Arkeolog Belanda pada tahun 1950.

Menuju Lokasi Leang-Leang

Taman Prasejarah Leang-leang masih berada dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung, yang belokasi di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jika Anda dari Makassar, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggnakan kendaraan umum pete-pete (angkutan umum khas Makassar) untuk menuju lokasi wisata.

Berlibur Sambil Belajar di Leang-Leang

Leang-Leang ditetapkan sebagai Situs Cagar Budaya pada 4 Oktober 1999. Beberapa fasilitas untuk keperluan penelitian telah dibangun, antara lain; Bangunan Pusat Gambar Prasejarah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, ruang perkantoran, laboratorium/storage dan sebagainya. Pada tahun 2020, Taman Prasejarah Leang-Leang telah dikembangkan menjadi Taman Arkeologi, pengembangan tersebut diharapkan dapat menjadikan pengelolaan kawasan warisan budaya dan alam semakin maksimal.

Namun bagi yang ingin melihat secara langsung lukisan prasejarah di dalam goa, pengunjung wajib berhati-hati karena akses untuk masuk ke dalam goa sangat sempit dan licin. Untuk itu, penggunaan alat pelindung diri sangat disarankan, termasuk menggunakan sepatu dan helm agar safety. 

Letaknya yang berada di Perbukitan karst menjadikan suasana di Taman Prasejarah Leang-Leang masih natural dan asri. Cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan ingin menyatu dengan alam. Destinasi goa prasejarah ini sangat tepat bagi anda yang akan berlibur bersama dengan keluarga dan anak, bukan hanya keindahan dan keunikannya saja yang akan memanjakan mata, namun Taman Prasejarah Leang-Leang ini juga dapat menjadi destinasi wisata sejarah yang mengedukasi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *