Mengulik Sejarah Pelabuhan Paotere

Mengulik Sejarah Pelabuhan Paotere

Mengulik Sejarah di Pelabuhan Paotere

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Kota Makassar, tak ada salahnya mampir di Pelabuhan Paotere. Pelabuhan Paotere merupakan salah satu pelabuhan tertua di Indonesia, Paotere telah beroperasi sejak abad ke-16. Di pelabuhan ini, pengunjung dapat melihat kapal layar yang bersinggah setiap harinya, kapal tersebut tidak hanya datang dari masyarakat Sulawesi, namun dari berbagai wilayah Indonesia. Pelabuhan Paotere tidak hanya sebagai tempat berlabuh untuk perahu rakyat saja, akan tetapi masih difungsikan sebagai bongkar muat barang dan pusat perniagaan para nelayan di Kota Makassar.

Saat ini Pelabuhan Paotere telah berkembang dan menjadi salah satu kawasan wisata yang banyak menarik pengunjung. Pelabuhan Paotere terkenal sebagai kawasan wisata kuliner yang wajib dikunjungi ketika berada di Makassar. Terdapat banyak suguhan ikan segar dan seafood dari tangakapan nelayan yang diolah langsung di restoran-restoran sekitaran Pelabuhan Paotere. Selain dari wisata kulinernya, Paotere juga terkenal dengan sunsetnya. Pengunjung dapat melihat indahnya panorama matahari terbenam yang terbenam di antara deretan kapal nelayan khas Makassar. 

Lokasi Pelabuhan Paotere

Pelabuhan yang masih betah menjadi tempat bersandar kapal Phinisi (kapal tradisional khas Suku Bugis) ini berlokasi di Jalan Sabutung Baru, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan. Pelabuhan Paotere merupakan salah satu gerbang ekspor bermacam komoditi dari Indonesia bagian timur ke luar negeri. Pelabuhan ini terletak di sebelah utara Kota Makassar, sekitar 5 Km dari pusat Kota Makassar. Pelabuhan Paotere tetap eksis menembus batas jaman karena terus menerus melakukan pengembangan hingga menjadi salah satu spot wisata yang layak diperhitungkan. 

Pelabuhan Paotere yang Legendaris 

Paotere merupakan pelabuhan warisan Kesultanan Gowa – Tallo, pelabuhan ini yang menjadi salah satu tempat bersandar kapal kecil dan kapal barang yang akan menuju Makassar. Pengunjung juga dapat menjajal sensasi berkeliling di Pelabuhan Paotere dengan menggunakan becak. Bagi anda yang suka memancing, Pelabuhan Paotere dapat menjadi pilihan untuk menyalurkan hobi anda, karena merupakan salah satu spot memancing favorit warga lokal. Selain itu, banyak sekali restoran hingga warung kopi yang berada di kawasan pelabuhan, cocok bagi yang ingin bersantai sambil bercengkrama atau pun sekedar ngopi. Pemandangan kapal-kapal yang berjejer dengan rapi menjadi panorama yang berbeda, seperti diajak kembali ke lorong waktu menuju Masa Kolonial.

Melengkapi kunjungan, Pengunjung dapat membeli oleh-oleh berupan ikan yang diawetkan. Pasar makanan laut yang tersedia di Pelabuhan Paotere memiliki banyak pilihan oleh-oleh, antara lain ikan teri, kakap merah hingga ikan asin. Yuk lihat secara langsung menariknya pemandangan Pelabuhan Paotere.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *