Pantai Losari, Pantai Tak Berpasir

Pantai Losari, Pantai Tak Berpasir

Pantai Losari, Pantai Tak Berpasir

PANTAI LOSARI, PANTAI TAK BERPASIR

Jika menyebut Makassar, salah satu hal yang diingat dan melekat adalah Pantai Losari. Pantai Losari memang manjadi salah satu icon Kota Makassar yang menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegera. Sudah kah Anda ke Pantai Losari, pantai tak berpasir dengan segala keindahannya.

Pantai Losari terletak di Pusat Kota Makassar, rute menuju lokasi pantai sangat mudah. Dari Bandara Hasanuddin Makassar dibutuhkan waktu kurang lebih 1 satu jam dengan menggunakan kendaraan pribadi, jika melewati jalur tol hanya dibutuhkan waktu sekitar 40 menit. Apabila pengunjung mengawali perjalanan ke Pantai Losari dari Pelabuhan Soekarno Hatta di Wajo, hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 20 menit saja.

Losari Beach Makassar pada awalnya adalah sebuah pasar ikan di pagi hingga siang hari, sedang sore dan malamnya menjadi pasar makanan. Baru pada tahun 1945 dilakukan pembagunan tepi pantai yang diprakarsai oleh DM van Switten yang merupakan Wali Kota pada saat itu. Pembangunan awal yang dilakukan hanyalah sebatas pemasangan lantai dasar beton sepanjang 910 meter, yang berfungsi untuk menjaga fasilitas pantai losari dari terjangan ombak selat Makassar. Pembangunan-pembangunan itu pun kian berlanjut hingga menjadikan Pantai Losari seperti sekarang ini.

Terdapat banyak anjungan di Pantai Losari, penamaan anjungan berdasarkan suku-suku di Makassar, antara lain Anjungan Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar. Anjungan yang letaknya di tepi laut itulah yang dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai spot foto dan dimanfaatkan sebagai ruang publik. Di sini pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang nama anjungan yang berdiri tegak, atau di spot favorit dengan tulisan Pantai Losari sebagai latar belakangnya. Pengunjung juga dapat berpindah ke monumen patung pahlawan Sulawesi Selatan.

Pantai Losari Makassar memiliki beberapa fasilitas, antara lain; wahana air (perahu bebek, banana boat), sepeda udara, bahkan lapangan futsal outdoor, terdapat juga tempat yang menyajikan wisata kuliner lengkap, tentunya juga banyak tersedia kuliner khas Makassar bagi Anda yang penasaran ingin mencoba. Fasilitas iconic di Pantai Losari juga dapat Anda ditemui, tempat ibadah Masjid Amirul Mukminin, masjid yang terapung di atas laut Makassar.

Pantai Losari tidak memiliki jam operasional tertentu, sehingga pengunjung bebas datang kapan pun 24 jam non-stop. Namun sangat disarankan untuk datang ketika sore hari menjelang matahari terbenam, karena Pantai Losari terkenal dengan keindahan sunsetnya yang sayang untuk dilewatkan. Pengunjung juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk karena gratis, namun jangan lupa untuk menjaga kebersihan agar keindahan di Pantai Losari selalu terjaga. Pantai Losari merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *